Wisuda PAUD Akairussanah Shulton Adakan Pentas Seni - Swara45.Com

Home / Pendidikan / Serang

Senin, 6 Mei 2019 - 04:25 WIB

Wisuda PAUD Akairussanah Shulton Adakan Pentas Seni

Wisuda PAUD Akairussanah Shulton Adakan Pentas Seni

Suara45, Serang – Saat ini jenjang pendidikan,sudah bergeser dimulai dari usia dini (Anak usia 4 Tahun) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau Taman Kanak kanak (TK) hingga ke Perguruan Tinggi.

Maka tidak heran sebagai bentuk apresiasi berakhirnya masa belajar (Kelulusan) anak disetiap jenjang pendidikan, diadakan acara dengan sebutan yang berbeda tergantung pilihan masing-masing satuan pendidikan tersebut.

Ada yang menggunakan istilah Wisuda, Perpisahan, Pelepasan dan Penyerahan kembali anak kepada orangtua atau keluarga.

Acara” Kelulusan’ atau Wisuda ini tidak jarang di isi dengan berbagai kegiatan mulai berfoto, memakai Toga, Berdandan seperti Orang Dewasa dan beraksi diatas Pentas seni.

Misalnya; Nyanyi, Tari, Puisi, Atraksi dan berbagai acara yang seru menyenangkan. Dalam acara ini anak-anak bahkan orang tua maupun undangan terlihat gembira dan menikmatinya.

Makanya, tidak heran kalau para orangtua,turut bahagia bukanmain kalau menyaksikan anak-anak mereka bisa memakai dandanan yang tidak biasa, berpakaian dewasa, tampil dipanggung dengan kebolehan yang dapat diekspresikannya saat berlangsungnya acara.

Demikian Halnya dengan Lembaga pendidikan Paud Akairussanah Shulton, Kp.Pasir, Ds. Ketos, Kec.Kibin, Kab.Serang Prov Banten, dibawah Pimpinan Kepala Sekolah, Rina. Sabtu (04/5-2019) di Halaman Kantor Desa Ketos, Kibin.

Mengadakan Acara Perpisahan, Pelepasan dan Penyerahan anak-anak PAUD nya kepada masing-masing orangtuanya,yang dihadiri dan disaksikan para orangtua, Kades Ketos, Hj.Rohyati dan perwakilan dari Camat Kibin, serta, pengawas Paud, TK, SD Dinas Pendidikan Kab.Serang-Banten.

Dijelaskan Rina,sebanyak 25 orang kelas A naik ke kelas B, dan 34 orang anak lulus Paud, Angkatan ke IV,Tahun ajaran 2018/2019, akan diserahkan kembali kepada orangtuanya untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang pendidikan Sekolah dasar (SD).jelas Rina.

“ Kami memeriahkan acara perpisahan sekaligus penyerahan kepada orangtua untuk dilanjutkan kejenjang pendidikan SD, acara melibatkan semua anak-anak, dihadiri dan disaksikan para orangtuanya serta undangan lainnya dari perwakilan Kantor Kecamatan Kibin dan Pengawas Paud,TK SD,sehingga terkesan ramai dan meriah” ucap Kepsek.

Agaknya kata ‘Perpisahan’ atau ‘Pelepasan’ lanjut Rina, bakal jauh lebih layak untuk menggambarkan prosesi acara kelulusan peserta didik PAUD ini.

Walaupun beberapa sekolah juga ada yang memakai istilah Wisuda, perpisahan, Pelepasan‘ Penyerahan’, yang mana berarti menyerahkan kembali anak-anak didik kepada orangtua masing-masing, setelah beberapa tahun diasuh dan dididik secara formal oleh sekolahnya.

Selain pengubahan istilah wisuda, menjadi perpisahan dan penyerahan, akan lebih baik lagi kalau dalam acara itu juga menampilkan kegiatan-kegiatan positif yang sesuai dengan usia mereka dan mengasah kreatifitas, seperti menampilkan tarian-tarian, nyanyian, puisi, musikal, dan lain-lain.

Bisa juga dengan melibatkan orangtua murid melakukan berbagai pertunjukkan.

Intinya sih tidak perlu lah terlalu serius macam wisuda beneran,tandas Rina.

Di tempat lain negeri kita, acara Perpisahan kelulusan itu sudah ada sejak lama.

Tentu saja dimaknai sebagai penghargaan yang diberikan atau bentuk apresiasi atas proses belajar bermain yang telah dilalui oleh setiap anak pada jenjang pendidikannya.

Menurut salah seorang Tokoh Masyarakat yang tidak bersedia namanya disebut; Serimonial perpisahan pelepasan atau penyerahan mereka kembali kepada orangtua atau keluarganya dengan beragam pernak perniknya dan dandanan anak-anak Paud, sebetulnya tidak ada masalah dan tidak ada dampak secara psikologis. Ungkapnya.

” Menurut saya, ini hanya sebatas acara seremonial anak-anak Paud sudut pandangnya adalah bermain. Selama acaranya seperti seru-seruan, ada pentas dan permainan maka anak-anak tidak akan memperhatikan masalah, justru yang heboh malah para orangtuanya”. tandasnya. (M.M)

Share :

Baca Juga

Berita

Tingkatkan Keamanan Kantor KPU Provinsi Banten, Puluhan Personil Polda Banten di Kerahkan

Banten

Walau Di Kepung Banjir,Warga Desa Nagara Antusias Melaksanakan Pencoblosan Pilkada Bupati Dan Wakil Bupati Serang

Berita

TMMD Non Fisik Penyuluhan cegah penyalahgunaan Narkoba di SMKN 2 Sepatan Kabupaten Tangerang

Serang

RATUSAN WARGA TAMBAK KIBIN HADIRI PENETAPAN CALON KEPALA DESA

Serang

ANGGOTA POLRES SERANG PERKUAT SILATURAHMI DENGAN ORMAS BPPKB SE KABUPATEN SERANG

Serang

Diduga Abaikan K3, Pihak Pelaksana Kegiatan Gedung Kantor Kecamatan Bandung Serang Di Pertanyakan

Serang

Al Muktabar “Pemberitaan Wartawan Harus Berimbang”

Serang

Hasil Pembibitan, Distan Kabupaten Serang Salurkan 70 Ekor Domba