Sosialisasi Dan Koordinasi kerja sama Daerah Kabupaten Tanggamus Tahun 2021 - Swara45.Com

Home / Tanggamus

Kamis, 8 April 2021 - 20:56 WIB

Sosialisasi Dan Koordinasi kerja sama Daerah Kabupaten Tanggamus Tahun 2021

sWara45 | Gisting–Bupati Tanggamus Hj. Dewi handajani SE. MM yang di wakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sukisno menghadiri sekaligus membuka Sosialisasi dan koordinasi kerja sama daerah Kabupaten Tanggamus yang di pusatkan di Gedung serba guna (GSG) Gisting bawah Kamis (08/04/21).

Tema yang di usung Bagian Kerja Sama Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus Kali ini ” Melalui kerja sama kita wujudkan jaringan kerja sama yang luas dengan institusi pemerintah, perguruan tinggi dan dunia usaha.

Laporan kegiatan yang di sampaikan oleh Kabag bagian kerja sama sekretariat daerah Kab. Tanggamus Ns. Mariyani S. Kep. MM
“Dasar pelaksanaan, Undang-undang No 23 Thn 2014 tentang pemerintah daerahBAB XVII tentang kerja sama dan perselisihan, Peraturan pemerintah No 28 Thn 2018 tentqng kerja sama daerah, Peraturan mentri Dalam negri Republik Indonesia No 22 Thn 2020 tentang tata cara kerja sama daerah dengan daerah lain dan kerja sama daerah dengan pihak ketiga, Peraturan Bupati Tanggamus Provinsi Lampung No 63 Thn 2019 tentang tugas pokok, fungsi dan tata kerja sekretariat daerah kabupaten Tanggamus, DPA anggaran tahun 2021 Bagian kerja sama Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus No. Rek 4.01.02.2.04.

Tujuan kegiatan ”
1. Memberikan pemahaman bagi perangkat Daerah, lembaga atau badan usaha yang menjadi objek Kerja Sama Daerah Dengan lain (KSDD) antara lain : urusan pemerintah wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar, Urusan pemerintah wajib yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar, Urusan pemerintah pilihan, Kerja sama dengan pihak ketiga.
2. Agar perangkat Daerah, Lembaga atau badan Usaha menindaklanjuti MoU yang sudah ditandatangani oleh kepala Daerah atau Bupati dengan segera melaksanakan Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Dalam sambutan Bupati Tanggamus yang di wakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sukisno menyampaikan ” Menyambut baik dengan di adakan kegiatan sosialisasi ini, dan juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta yang dapat menyempatkan hadir. Saya berharap kegiatan kita kali ini dapat berlangsung dengan baik dan lancar, sehingga para peserta akan memahami dan mendapatkan pengetahuan tentang pentingnya pelaksanaan kerja sama Daerah.

Dunia global saat ini berkembang dengan sangat pesat, kehadiran internet dan teknologi informasi telah merubah banyak dimensi kehidupan manusia. Pertumbuhan generasi milenial mengubah cara pandang kita dalam bekerja. Dunia semakin dinamis, kehidupannya semakin kompleks, kebutuhannya semakin beragam, ritme kerja semakin mobile dan cepat, serta tantangannya semakin tinggi dan intens.

Oleh karena itu, pemerintah daerah harus bisa merespons dan beradaptasi dengan perubahan zaman yang terjadi. Paradigma lama sudah tidak bisa dupakai lagi. Saat ini tidak ada pemerintah yang bisa bekerja sendirian dengan segala perangkat daerahnya. Oleh karena itu, kolaborasi dan networking menjadi kunci keberhasilan pembangunan pemerintah daerah. Birokrasi harus mengandeng akademis, komunitas, pengusaha, dan media jika ingin sukses membangun masyarakat. Inilah yang kemudian disebut dengan Pendekatan PENTHALIK pembangunan.

Saya mengapresiasiasi atas langkah dan upaya yang telah dilakukan oleh Bagian kerjasama sekretariat daerah kabupaten tanggamus, sejak tahun lalu yaitu tahun 2020 dimana awal mula Bagian kerjasama melaksanakan Tupoksinya, telah dilaksanakan 66 Perjanjian Kerjasama (PKS) dan 36 Dokumen MoU yang dijalankan. Sementara ini pada tahun 2021 telah dilaksanakan 22 PKS, dan terdapat 4 Dokumen PKS yang sementara ini masih dalam proses penandatanganan antara pemda dan lembaga / instansi / organisasi / perusahaan selaku partner kerja pemda. Kemudian untuk MoU telah dilaksanakan 6 MoU, sedangkan 2 MoU masih dalam proses.
Melihat itu semua, merupakan suatu upaya yang harus kita apresiasi. Dalam satu tahun terakhir ini secara total telah dilaksanakan 88 perjanjian kerjasama dan 42 MoU yang kita lakukan dengan partner kerja terkait, seperti lembaga / instansi / organisasi / perusahaan / daerah di wilayah Indonesia.

Namun demikian, pelaksanaan kerja sama di lapangan masih banyak menemui hambatan, antara lain karena perangkat, regulasi dan prosedur yang belum dipahami, serta banyak potensi di daerah yang sebenarnya bisa di kerjasamakan namun belum tergali secara optimal. Oleh karena itu perlunya kesamaan persepsi atau kesamaan pemahaman terhadap peraturan penyelenggara kerja sama daerah dan komunikasi intensif antar aparatur penyelenggara untuk mengatasi permasalahan bersama. Dan yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan kerja sama daerah adalah harus berpegang pada prinsip kerja sama daerah, diantaranya efisiensi dan efektivitas dengan mengutamakan keutuhan wilayah NKRI.
Untuk itu maka, Sosialisasi seperti yang kita lakukan saat ini sangat penting dan strategis sebagai salah satu upaya pelayanan publik yang dimungkinkan masuk kategori kerja sama antar daerah, umtuk dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, maka daerah dapat melaksanakan kerja sama dengan pihak dalam dan luar negri untuk menjalin ikatan, dalam usaha mecahkan masalah atau untuk mewujudkan kepentingan bersama dalam rangka penyelenggaraan dan pembangunan daerah, bahkan kerja sama daerah antar pemerintah provinsi dan juga pihak luar negeri adalah juga dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Kemudian Asisten II membuka secara resmi Sosialisasi dan koordinasi kerja sama daerah tahun 2021.

Turut hadir dalam acara tersebut, Drs. Koharuddin kabag kerjasama Biro pemerintah dan otda pemprov. Lampung, para Kabag dilingkungan setdakab. Tanggamus, pimpinan dan perwakilan dari BUMD Se-Kabupaten Tanggamus, Camat dan uspika beserta para peserta Sosialisasi.(Idham)

Share :

Baca Juga

Kriminal

Sering Lakukan Aksi Premanisme Dan Pencurian Dua Pria Di Pulau Panggung Di Ciduk Polisi

Tanggamus

Hampir 4 Jam Inafis Polres Tanggamus dan Bidlabfor Identifikasi Kebakaran BPD Lampung Kota Agung

Lampung

PROGRAM BANGUN DESA, PEKON TANJUNG AGUNG SEMAKIN MAJU.

Tanggamus

Sering Mengaku Polisi, Dua Begal Di Tembak Tekab 308 Polres Tanggamus

Tanggamus

Bupati Tanggamus Dewi Handajani Akan Kaji Ulang Honor Panitia Pilkakon 

Tanggamus

LSM MP3 Memperingati Hari Pahlawan Dengan Berbagi ke Masyarakat Terdampak Covid-19

Tanggamus

Kapolres Tanggamus Hadiri Pengambilan Sumpah Ketua dan Wakil Ketua DPRD

Tanggamus

Polres Tanggamus Siap Laksanakan Operasi Zebra Karakatau 2019