KAMPAK Laporkan Ke Kejari Dugaan Penyelewengan Anggaran BOSDA, Ini Kata Kadis Pendidikan Kota Bekasi - Swara45.Com    

Home / Bekasi

Selasa, 23 Februari 2021 - 18:16 WIB

KAMPAK Laporkan Ke Kejari Dugaan Penyelewengan Anggaran BOSDA, Ini Kata Kadis Pendidikan Kota Bekasi

Bekasi | Suara45 – Wabah Pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih melanda dunia mengakibatkan efek domino ke semua sektor terutama di dunia pendidikan. Hal tersebut tercermin saat Menteri Pendidikan Nadiem Makariem mengeluarkan peraturan tentang pemberhentian tatap muka di seluruh sekolah di Indonesia untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di generasi muda.

Di tengah pemberhentian kegiatan belajar mengajar di Kota Bekasi, anggaran BOSDA (Bantuan Operasional Sekolah Daerah) nyatanya tetap diserap oleh pihak sekolah  sehingga menimbulkan indikasi penyelewengan anggaran dan penyalahgunaan wewenang di dinas tersebut.

Bosda berdasarkan Perwal No 01 tahun 2020 untuk Sekolah Dasar dialokasikan perbulannya sebesar Rp28.000 per siswa. Sedangkan untuk siswa SMP dialokasikan Rp90.000.

Baca Juga..!!  Tenteng Sajam Tujuh Remaja Dibekasi Diciduk, Setelah Videonya Viral

“Berdasarkan Peraturan pemerintah (PP) No 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah pasal 15 Ayat 1 dan 2 tindakan yang dilakukan oleh dinas pendidikan diduga ada kecurangan”, ujar Koordinator KAMPAK (Koalisi Angkatan Mahasiswa Pemuda Anti Korupsi) Oktofiasasi kepada awak media seusai secara resmi melaporkan dugaan tindak pidana korupsi Dinas Pendidikan Kota Bekasi ke Kejaksaan Negeri Bekasi.

Selain dugaan korupsi kata Okto, pihaknya juga menuding bahwa Dinas Pendidikan Kota Bekasi tidak profesional dalam pengelolaan dana BOSDA, meski hal tersebut sudah menjadi rutinitas setiap tahun.

“Kejaksaan harus bisa memberikan efek jera kepada para oknum yang menyelewengkan penggunaan anggaran BOSDA dengan memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan di tengah pandemi covid-19,’ tutup Okto

Baca Juga..!!  PPP DPC Kota Bekasi Bersama PAC Pondok Gede dan TSC Beri Bantuan Semen dan Jumat Berkah berupa Ta'jil

Terpisah Inayatulah Kadis pendidikan kota bekasi saat di minta komentarnya via WhatsApp mengatakan, Anggaran BOSDA TA 2020 hanya terserap 12 % hal itu di karenakan sampai saat ini blm ada Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), jelas nya.

Dana BOSDA itu ada di Kas Daerah, dan untuk pencairan nya harus melalui pengajuan dari pihak sekolah, lalu di katakan dana BOSDA itu saya korupsi dari mana, ujarnya.

Di tambahkan Inay Dinas Pendidikan sudah melayangkan surat hak jawabnya terkait pemberitaan di beberapa media tersebut, Tutup Inay.(Hisar)

Share :

Baca Juga

Bekasi

Pemuda Demokrat Kritik PP Nomor 57 Tahun 2021

Bekasi

Menanggapi Temuan BPK Jawa Barat Terkait Anggaran Bantuan Partai Politik, Ketua DPC PPP Kota Bekasi Angkat Bicara

Bekasi

Sekdinsos Kab Bekasi : Dana Bantuan Kompensasi Pasien Meninggal Covid-19 Sudah Tidak Ada Lagi

Bekasi

Di Duga Tidak Miliki IMB, KOMPI LAPORKAN RESMI DUA GEDUNG RSUD KAB BEKASI

Bekasi

Patuhi Protokoler Kesehatan, Musda III DPD Forkabi Kota Bekasi Berlajan Lancar

Bekasi

Rencana Pemisahan Aset PDAM Tirta Bhagasasi, LAMI : Di Duga Beraroma KKN

Bekasi

Bupati Bekasi Buka Mukab VII Kadin Kabupaten Bekasi
Melawan Saat Ditangkap, Komplotan Garong Dibekasi Ditembak

Bekasi

Melawan Saat Ditangkap, Komplotan Garong Dibekasi Ditembak