Kadis Ketapang Prov Banten, Aan Muawanah : Lahan Pertanian di Provinsi Banten Semakin Menipis - Swara45.Com

Home / Banten

Jumat, 22 Januari 2021 - 19:41 WIB

Kadis Ketapang Prov Banten, Aan Muawanah : Lahan Pertanian di Provinsi Banten Semakin Menipis

Suara45 | Serang – Semakin menipisnya ketersediaan lahan pertanian di Provinsi Banten akibat tergerus oleh pembangunan, diperlukan upaya dan terobosan baru dalam menjaga ketersediaan hasil pertanian sekaligus menjaga ketahan pangan masyarakat, salah satunya dengan memanfaatkan lahan tidur milik developer yang ada di perkotaan agar bisa digarap oleh petani.

Meski begitu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Provinsi Banten, Aan Muawanah menilai, sampai saat ini pengelolaan lahan tidur milik developer yang ada di perkotaan masih belum optimal digarap oleh petani. Akibatnya, banyak lahan tidur dibiarkan kosong sebelum dibangun menjadi perumahan.

“Pemanfaatan masih belum optimal. Terutama yang milik developer ya, belum optimal yang ada diperkotaan,” terang Aan, kepada wartawan, Kamis (21/1/2020).

Menurutnya, perlu dukungan kepada petani agar pengelolaan lahan tidur milik developer dalam menjaga ketahanan pangan di Provinsi Banten bisa selalu terjaga, selain menghindari kebiasaan masyarakat yang konsumtif, mengandalkan semua kebutuhan sehari-hari dari membeli, sementara banyak lahan yang masih bisa digarap dan dikerjasamakan.

Selain itu, pihaknya juha berharap kepada pihak developer yang ada di Provinsi Banten untuk memperkenankan tanahnya digarap oleh petani, sampai batas waktu yang ditentukan.

“Untuk itu, perlu sebuah regulasi atau sebuah perjanjian dulu, berapa tahun ini lahan tidak digunakan agar bisa digarap petani,” katanya.

Dirinya mengaku telah melakukannya dangan memfasiltasi pihak developer dan petani sekitar saat dirinya masih menjabat di wilayah Kabupaten Tangerang, dan hasilnya sukses membuahkan hasil.

“Saat itu saat masih di Tangerang dengan mengoptimalkan lahan untuk tanaman holtikultura,” katanya.

Pada sisi lain, dirinya juga mengajak kepada seluruh masyarakat Banten untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya masing-masing agar bisa ditanami kebutuhan sehari-hari, seperti cabai, tomat, sayuran dan masih banyak lagi.

“Supaya mainsetnya menanam, menanam dan menanam sendiri. sekecil apapun lahan dihalaman kita, ayo kita gunakan menanam. Masa sih cengek, tomat kita harus beli kewarung, hanya beli 2 biji 3 biji. kalau menanam sendiri kan enak,” katanya.(Nina)

Share :

Baca Juga

Lebak

PT. Pion Quarry Nusantara Adakan Sosialisasi Rencana Penambangan

Tangerang

Sebanyak 512 Kk Warga Desa Gunung Kaler Menerima Bantuan BST Kemensos Tahap 9

Banten

Ibu Sebatangkara Di Jayanti Tinggal di Pos Ronda Sudah 10 Tahun

Tangerang

Danramil 05/Balaraja Berikan Pelengkapan Bayi yang Ditemukan Warga di Kuburan

Tangerang

Tingkatan Harkamtibmas Tangerang Raya, Kapolresta Tangerang Silaturahmi ke Kapolres Metro

Lebak

Polres Lebak Gelar Rekonstruksi Pembunuhan Gadis Baduy, Tiga Pelaku Peragakan 23 Adegan

Cilegon

Satnarkoba Polres Cilegon Berhasil Amankan Satu Pengedar Narkotika Jenis Sabu

Banten

Kapolda Banten Hadiri Peresmian Dermaga IV Pelabuhan Merak dan Bakauheni*