BST Tahap Enam Di Lebak Sisakan Pertanyaan KPM - Swara45.Com

Home / Lebak

Jumat, 2 Oktober 2020 - 15:31 WIB

BST Tahap Enam Di Lebak Sisakan Pertanyaan KPM

Suara45.com-Pencairan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap enam di Kabupaten Lebak masih menyisakan pertanyaan yang cukup besar di masyarakat, khususnya bagi Keluarga Penerima manfaat (KPM).

Salah satunya warga Desa Mekar Agung, Kecamatan Cibadak, Badri mengaku aneh namanya tiba-tiba tidak terdaftar sebagai penerma manfaat di tahap enam.

Padahal kata dia sejak awal namanya terdaftar dan menerima bantuan tersebut dari tahap satu hingga tahap 5 .

“Surat panggilan yang ada barcodenya saya tidak menerima, dan anehnya ketika saya cek di desa tidak muncul, ada apa ini sebenarnya”ungkap Badri.

Dikatakan Badri, dengan rasa penasaran dirinya bersama petugas desa mendatangi Kantor Dinas Sosial yakni untuk mendapatkan informasi yang jelas,tapi kata Badri ia hanya mendapatkan jawaban dari dinas sosial akan di usahakan untuk diusulkan kembali.

” Sampai sekarang belum ada jawaban yang jelas, padahal saya KPM yang murni tidak ada double data “ujar Badri.

Ironis nya lagi,di wilayah Kecamatan Warunggunung terjadi pengurangan data penerima BST tahap enam mencapai seratus lebih.

Berdasarkan data dari Kecamatan warunggunung melalui Kasi Ekbang ada sekitar 112 KPM yang berkurang seperti pada pencairan tahap 4-5 ada sekitar 6963 KPM yang terdaftar, namun pencairan tahap 6 terdapat pengurangan jumlah menjadi 6752 KPM.

Salah satu desa yakni desa Cibuah terjadi pengurangan sebanyak 30 KPM,hal itu di katakan Sekdes acibuah melalui pesan Whats Appnya.

Sekdes Cibuah Kiki menyampaikan dari jumlah pengurangan tersebut untuk tahap enam di alihkan secara resmi untuk yang tidak mendapatkan, namun kata Kiki setelah di usulkan pengalihan pada saat pencairan tidak keluar nama yang di usulkan secara resmi itu.

“Iya itu dialihkan secara resmi ke yang ga dapet tapi malah yang tahap 6 kemarin ga keluar aneh
sudah mengusulkan pengalihan namun ketika pencairan data tersebut tidak ada”ujar Kiki di sambungan Whats Appnya kepada wartawan baru-baru ini.

Sementara itu Kabid Linjamsos pada Dinas Sosial Kabupaten Lebak Endin Toharudin menjelaskan, pihak dinsos secara resmi belum dapat informasi dari kemensos tentang pengurangan data penerima BSt,namun kata Endin pembaharuan data bukan terjadi di Kabupaten Lebak saja melainkan di tiap Kabupaten dan kota.

Dikatakan Endin, soal adanya pengurangan atau pengalihan itu di sebabkan adanya terjadi data yang double di data Siks NG seperti di data BST dan data program sembako.

“Sebetulnya kalau pun bisa untuk kuota BST di lebak ingin bertambah,dan ini hampir semua kecamatan terjadi pembaharuan data di Kabupaten Lebak”ujar Endin melalui sambungan Whats Appnya.(ik)

Share :

Baca Juga

Lebak

Bantu Masyarakat Di Tengah Pandemi, Kapolda Banten Irjen Pol Drs Fiandar Gelar Baksos Sambil Bersepada

Lebak

Ambu Arsumah : Terima Kasih Petugas TMMD Sudah Datang Mengecek Kesehatan Saya

Lebak

Jelang Akhir Tahun Qolbun Salim Dorong Pemkab Lebak Lakukan Survei KP

Lebak

Bupati Lebak Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Lebak

Badak Banten Pertanyakan Soal Belum Dilantiknya 10 Kades Terpilih

Lebak

Bulog Lebak Gencar Operasi Pasar

Lebak

Sebelum Pernikahan,Rachma Maghfiroh Adakan Prosesi Siraman

Lebak

Kantor Kecamatan Muncang Di Bobol Maling