Ada Apa Anggota KPU HALTIM Ahmad Fauto Di Tindaklanjuti Ke Penyidik Polres - Swara45.Com

Home / Halmahera Timur

Senin, 21 Desember 2020 - 14:16 WIB

Ada Apa Anggota KPU HALTIM Ahmad Fauto Di Tindaklanjuti Ke Penyidik Polres

Suara45 | HALTIM – Tak menghadiri panggilan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Timur Maluku Utara, akibat dugaan pelanggaran Kode etik maupun pidana oleh salah satu anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Haltim, Ahmad Fauto. Kini laporan dugaan pelanggaran tersebut ditindaklanjuti ke Penyidik Polres Kabupaten Halmahera Timur. (Senin/ 21/12/2020).

Anggota Bawaslu Haltim, Basri Suaib, mengatakan, berdasarkan laporan masyarakat atas tindakan yang dilakukan salah satu anggota KPU Haltim, saat penghitungan suara, Bawaslu telah melakukan dua kali penggilan terhadap anggota KPU tersebut guna dimintai klarifikasi atas laporan masyarakat. Akan tetapi yang bersangkutan tidak menghadiri panggilan.

“kami sudah dua kali melakukan panggilan, tetapi yang bersangkutan tidak menghadiri panggilan dari Bawaslu,” katanya, saat ditemui diruang kerjaannya.

Sehingga itu, lanjut Basri, walaupun yang bersangkutan tidak menghadiri panggilan Bawaslu akan tetapi tetap diproses, dimana berdasarkan hasil kajian dengan sejumlah bukti-bukti baik formil maupun materil telah memenuhi unsur. Dan berdasarkan pembahasan kedua dengan pihak Gakumdu yang melibatkan pihak Kepolisian dan Kejari, disepakati untuk tetapi tindaklanjuti ke penyidikan, atas dugaan pelanggaran pidana.

“apalagi disaat pleno KPU Kabupaten, yang dibuktikan dengan membuka kota suara, ternyata benar adanya 5 surat suara yang sebelumnya dinyatakan tidak sah oleh anggota KPU tersebut, akan tetapi disaat pleno kabupaten itu disahkan,” jelasnya

Sehingga itu, dengan bukti-bukti yang ada, pada Minggu 20/12/2020 Bawaslu Haltim telah menindaklanjuti ke Penyidik Polres Haltim, atas dugaan pelanggaran pidana. Sementara dugaan pelanggaran kode etik, akan ditindaklanjuti ke DKPP melalui Bawaslu Provinsi Maluku Utara.

“satu dua hari, kami sudah menyerahkan laporan tersebut ke Bawaslu Provinsi Maluku Utara, untuk ditindaklanjuti ke DKPP,” Pungkasnya. (Ris)

Share :

Baca Juga

Halmahera Timur

Patroli Cipta Kondisi, Polsek Wasile Selatan Amankan 95 Kantong Plastik Minuman Keras Cap Tikus

Berita

Dana Desa Ratusan Juta Di Pakai Untuk Kepentingan Pribadi, Mantan Kades Di Bui Dua Tahun

Halmahera Timur

Kampanye Terakhir Di Kecamatan Maba Paslon 01, Ribuan Pendukung Akronim “Tiva Kemakmuran” Padati Arena Kampanye.

Halmahera Timur

Jelang NATARU, Polsek Maba Selatan Berhasil Amankan 147 Kantong Plastik Miras Cap Tikus

Halmahera Timur

Kampanye Terakhir Di Kecamatan Maba Utara, Ratusan Simpatisan Dan Pendukung Teriakan Yel Yel “Tiva Kemakmuran”

Halmahera Timur

Milenial Pasang Badan, Ajak Masyarakat Haltim Dukung Paslon 01 “Menang Telak”

Halmahera Timur

Nyong Barmawi : Keluarga Besar Barmawi Harga Mati Dukung Tiva Kemakmuran

Halmahera Timur

Terkait Postingan Gambar Mengarah Simbol Agama, Muhammad Tomagola Anggota DPRD Haltim Meminta Maaf